Saturday, January 12, 2013

RPP Active Knowledge Sharing

JAN29


MADRASAH TSANAWIYAH
TARBIYATUT THOLABAH
KRANJI PACIRAN LAMONGAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Bidang studi            : IPS                           Pertemuan ke: 1 - 3           
Kelas                         : IX                              Waktu            : 2 x 40 menit
Semester/TP.           : Gasal/2012-2013   KKM               : 7,00


Standar Kompetensi     :  
4. Memahami lembaga Keuangan dan Perdagangan Internasional

Kompetensi Dasar     :  
4.1 Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan

Indikator                       :
  1. Menguraikan sejarah terjadinya uang
  2. Menjelaskan definisi uang
  3. Mengidentifikasi fungsi uang
  4. Mengklasifikasi jenis-jenis uang
  5. Mendeskripsikan motif memegang uang
  6. Menjelaskan pengertian, sejarah, asas dan tujuan, jenis, fungsi, serta produk-produk lembaga keuangan bank,
  7. Mendeskripsikan tujuan dan fungsi, jenis-jenis, peranan, serta manfaat lembaga keuangan bukan bank.

Tujuan Pembelajaran    :
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
  1. Memahami dan mendeskripsikan uang
  2. Memahami dan menguraikan lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank.

Materi (Pokok) Pembelajaran      :
a.    Uang
b.    Lembaga Keuangan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran      :
  1. kegiatan awal
     Kegiatan awal (tiap 10 menit) dilakukan dengan:
Guru mengucapkan salam dan bertanya kabar siswa kemudian mengecek kehadiran siswa
Apersepsi terhadap materi/pokok bahasan yang hendak dipelajari,
                  Motivasi dan menjelaskan urgensi materi.

  1. kegiatan inti
1.    Guru menjelaskan melalui mind mapping singkat tentang materi yang akan dipelajari
2.    Guru membagi siswa ke dalam tiga kelompok
3.    Guru menjelaskan menjelaskan prosedur tugas “metode sharing knowlwdge” adalah:
a. setiap kelompok mendiskusikan satu materi : Uang (1), Lembaga Keuangan Bank (2), dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (3). Selama 15 menit
b. Hasil diskusi diresum atau di buat bagan mind mapping dalam kertas manila yang telah disiapkan, petunjuk: tulislah isi materi, enak dibaca, rapi, dan menarik. Selama 10 menit
c. Materi di kertas manila ditempelkan di sudut dinding yang berbeda
d. Tiap kelompok ada 1 siswa yang bertugas menjelaskan hasil diskusi, dan selebihnya moving ke kelompok lain untuk mendapatkan penjelasan materi yang lain, perpindahan kelompok ditandai dengan bunyi peluit. Selama 30 menit
e. masing-masing siswa membuat peta pikiran atas semua materi yang diterima. Selama 5 menit

4.    Guru memberikan reinforcement kepada kelompok
5.    Guru memberikan penjelasan tambahan materi yang dianggap kurang dan penting untuk disampaikan. Selama 5 menit

  1. Kegiatan penutup
1.    Guru meminta siswa menyempurnakan peta pikiran/mind mapping materi tersebut ke dalam portofolio resum di buku catatan.
2.    Guru melakukan tanya jawab singkat
o   Uang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari adalah motif...transaksi
o   Menabung adalah bagian dari motif.....berjaga-jaga
o   Membantu pembiayaan proyek jalan dan jembatan merupakan peranan uang bagi.....negara
o   Bank yang modalnya dari penyisihan kas negara adalah ....Bank BUMN
o   Bank Swasta Nasional contohnya ....BCA, BII, Bank Lippo, dll
o   Contoh bank asing di Indonesia antara lain....Citibank, Bank of Tokyo, Standard Chartered, HSBC, dll
·        LKBB yang menjamin para pensiunan .... Lembaga Dana Pensiun/Taspen
3.    Guru merayakan bersama siswa atas kegiatan belajar saat ini dengan bernyanyi.....”disini senang”
4.    mengucapkan salam penutup


Metode Pembelajaran   :
Metode yang dapat diterapkan guna mendukung dalam pembelajaran materi ini adalah:
  1. Ceramah bervariasi dan menarik
  2. Tanya jawab
  3. Simulasi
  4. Sharing Knowledge (berbagi pengetahuan)

Sumber Belajar           :
1.    Buku BSE IPS SMP
2.    Buku Bahan Ajar
3.    Perpustakaan
4.    Kamus/Buku pintar IPS
5.    Lembaga-lembaga keuangan di sekitar desa/madrasah

Penilaian Hasil Belajar
a. Pengusaan Konsep          :
        Bentuk instrumen          : Pilihan ganda dan uraian
b. Penerapan             :
        Bentuk instrumen          : Penilaian proyek, performance, dan portofolio


                                                                                    Lamongan, 09 Juli 2012

Mengetahui                                                                Guru Mata Pelajaran,
Kepala Madrasah,



                                                                                    Moh. Fatih Luthfi, S.Pd
H. MUNIR, S.Ag, M.A




Belajar Menyenangkan Dapat Meningkatkan Pencapaian Hasil Belajar Siswa
Oleh: Moh. Fatih Luthfi

Inovasi dalam dunia pembelajaran dewasa ini menjadi kabar baik bagi guru untuk memotivasi terus mengembangkan diri menjadi guru yang menarik, menyenangkan, dan profesional.
Model pembelajaran yang booming hingga saat ini masih diaplikasikan oleh guru dalam pembelajaran di kelas adalah Quantum Teaching, Quantum Teaching, kumpulan strategi SAL (Student Active Learning), Cooperative Learning, dan Collaborative Learning. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas agar suasana belajar aktif dan menyenangkan adalah metode Sharing Knowledge.
Penggunaan metode yang tepat dan menyenangkan membuatt pembelajaran menjadi efektif, membelajarkan, dan pada akhirnya dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang diinginkan.

Metode SHARING KNOWLEDGE

a.    Deskripsi
Metode yang melibatkan seluruh siswa dalam menuangkan hasil bacaan secara mandiri atau berkelompok dan menjelaskan kembali melalui presentasi kepada siswa lain (yang bukan kelompoknya).

b.    Manfaat
Manfaat dari penerapan metode ini dalam pembelajaran antara lain:
1.    Memudahkan guru untuk melibatkan siswa secara aktif baik kognitif, afektif, dan psiko motornya dalam memahami materi
2.    Dapat menyampaikan materi lebih singkat yang seharusnya disampaikan dengan 4 pertemuan menjadi 2 pertemuan
3.    Mendorong siswa lebih mandiri dan kreatif dalam menemukan dan mempelajari materi pelajaran
4.    Suasana belajar menjadi menyenangkan disebabkan: a) siswa dapat berdiskusi dan berinteraksi dengan siswa lain secara intensif,  b) siswa dapat menuangkan peta pikiran materi dengan tulisan yang menarik dan indah, c) siswa berlatih menjelaskan hasil pemahamannya, d) siswa dapat bergerak berpindah tempat beramai-ramai, dan e) siswa juga dapat bertanya langsung tentang materi kepada teman yang bertugas menjelaskan.

c.    Prosedur metode
Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran adalah:
1.    Kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan materi
2.    Setiap kelompok mendiskusikan satu materi
3.    Hasil diskusi diresum atau di buat bagan mind mapping atau ringkasan materi dalam kertas manila (media lain) yang telah disiapkan, petunjuk: menulis isi materi, enak dibaca, rapi, dan menarik.
4.    Materi di kertas manila ditempelkan di sudut dinding yang berbeda
5.    Tiap kelompok ada 1 siswa yang bertugas menjelaskan hasil diskusi.
6.    Siswa yang tidak bertugas menjelaskan moving ke kelompok lain untuk mendapatkan penjelasan materi yang lain, perpindahan kelompok ditandai dengan bunyi peluit atau penanda lain
7.    masing-masing siswa membuat peta pikiran atas semua materi yang diterima.

0 comments:

Post a Comment