MADRASAH
TSANAWIYAH
TARBIYATUT
THOLABAH
KRANJI PACIRAN
LAMONGAN
Bidang studi : IPS Pertemuan ke: 1 - 3
Kelas :
IX Waktu : 2 x 40 menit
Semester/TP. :
Gasal/2012-2013 KKM :
7,00
Standar Kompetensi :
4. Memahami lembaga Keuangan dan Perdagangan
Internasional
Kompetensi Dasar :
4.1 Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
Indikator :
- Menguraikan sejarah terjadinya uang
- Menjelaskan definisi uang
- Mengidentifikasi fungsi uang
- Mengklasifikasi jenis-jenis uang
- Mendeskripsikan motif memegang uang
- Menjelaskan pengertian, sejarah, asas dan tujuan, jenis, fungsi, serta produk-produk lembaga keuangan bank,
- Mendeskripsikan tujuan dan fungsi, jenis-jenis, peranan, serta manfaat lembaga keuangan bukan bank.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
- Memahami dan mendeskripsikan uang
- Memahami dan menguraikan lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank.
Materi (Pokok)
Pembelajaran :
a.
Uang
b.
Lembaga Keuangan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
- kegiatan awal
Kegiatan
awal (tiap 10 menit) dilakukan dengan:
Guru
mengucapkan salam dan bertanya kabar siswa kemudian mengecek kehadiran siswa
Apersepsi
terhadap materi/pokok bahasan yang hendak dipelajari,
Motivasi dan menjelaskan urgensi materi.
- kegiatan inti
1.
Guru menjelaskan
melalui mind mapping singkat tentang materi yang akan dipelajari
2.
Guru membagi siswa ke
dalam tiga kelompok
3.
Guru menjelaskan menjelaskan
prosedur tugas “metode sharing knowlwdge” adalah:
a. setiap
kelompok mendiskusikan satu materi : Uang (1), Lembaga Keuangan Bank (2), dan
Lembaga Keuangan Bukan Bank (3). Selama 15 menit
b. Hasil diskusi
diresum atau di buat bagan mind mapping dalam kertas manila yang telah
disiapkan, petunjuk: tulislah isi materi, enak dibaca, rapi, dan menarik. Selama
10 menit
c. Materi di
kertas manila ditempelkan di sudut dinding yang berbeda
d. Tiap kelompok
ada 1 siswa yang bertugas menjelaskan hasil diskusi, dan selebihnya moving
ke kelompok lain untuk mendapatkan penjelasan materi yang lain, perpindahan
kelompok ditandai dengan bunyi peluit. Selama 30 menit
e. masing-masing
siswa membuat peta pikiran atas semua materi yang diterima. Selama 5 menit
4.
Guru memberikan reinforcement kepada
kelompok
5.
Guru memberikan penjelasan tambahan
materi yang dianggap kurang dan penting untuk disampaikan. Selama 5 menit
- Kegiatan penutup
1.
Guru meminta
siswa menyempurnakan peta pikiran/mind mapping materi tersebut ke dalam
portofolio resum di buku catatan.
2.
Guru melakukan
tanya jawab singkat
o
Uang digunakan
untuk kebutuhan sehari-hari adalah motif...transaksi
o
Menabung adalah
bagian dari motif.....berjaga-jaga
o
Membantu
pembiayaan proyek jalan dan jembatan merupakan peranan uang bagi.....negara
o
Bank yang
modalnya dari penyisihan kas negara adalah ....Bank BUMN
o
Bank Swasta
Nasional contohnya ....BCA, BII, Bank Lippo, dll
o
Contoh bank asing
di Indonesia antara lain....Citibank, Bank of Tokyo, Standard Chartered, HSBC,
dll
·
LKBB yang menjamin para pensiunan
.... Lembaga Dana Pensiun/Taspen
3.
Guru merayakan bersama
siswa atas kegiatan belajar saat ini dengan bernyanyi.....”disini senang”
4.
mengucapkan salam
penutup
Metode
Pembelajaran :
Metode yang dapat
diterapkan guna mendukung dalam pembelajaran materi ini adalah:
- Ceramah bervariasi dan menarik
- Tanya jawab
- Simulasi
- Sharing Knowledge (berbagi pengetahuan)
Sumber Belajar :
1.
Buku BSE IPS SMP
2.
Buku Bahan Ajar
3.
Perpustakaan
4.
Kamus/Buku pintar
IPS
5.
Lembaga-lembaga
keuangan di sekitar desa/madrasah
a. Pengusaan Konsep :
Bentuk
instrumen : Pilihan ganda dan
uraian
b. Penerapan :
Bentuk instrumen : Penilaian proyek, performance, dan portofolio
Lamongan,
09 Juli 2012
Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran,
Kepala
Madrasah,
Moh.
Fatih Luthfi, S.Pd
H. MUNIR, S.Ag, M.A
Belajar Menyenangkan Dapat Meningkatkan
Pencapaian Hasil Belajar Siswa
Oleh: Moh. Fatih Luthfi
Inovasi dalam dunia pembelajaran dewasa ini
menjadi kabar baik bagi guru untuk memotivasi terus mengembangkan diri menjadi
guru yang menarik, menyenangkan, dan profesional.
Model pembelajaran yang booming hingga
saat ini masih diaplikasikan oleh guru dalam pembelajaran di kelas adalah
Quantum Teaching, Quantum Teaching, kumpulan strategi SAL (Student Active
Learning), Cooperative Learning, dan Collaborative Learning. Salah satu metode
pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas agar suasana belajar aktif dan
menyenangkan adalah metode Sharing Knowledge.
Penggunaan metode yang tepat dan menyenangkan
membuatt pembelajaran menjadi efektif, membelajarkan, dan pada akhirnya dapat
membantu siswa mencapai hasil belajar yang diinginkan.
Metode SHARING KNOWLEDGE
a.
Deskripsi
Metode yang melibatkan
seluruh siswa dalam menuangkan hasil bacaan secara mandiri atau berkelompok dan
menjelaskan kembali melalui presentasi kepada siswa lain (yang bukan
kelompoknya).
b.
Manfaat
Manfaat dari penerapan
metode ini dalam pembelajaran antara lain:
1.
Memudahkan guru untuk
melibatkan siswa secara aktif baik kognitif, afektif, dan psiko motornya dalam
memahami materi
2.
Dapat menyampaikan materi
lebih singkat yang seharusnya disampaikan dengan 4 pertemuan menjadi 2
pertemuan
3.
Mendorong siswa lebih
mandiri dan kreatif dalam menemukan dan mempelajari materi pelajaran
4.
Suasana belajar menjadi
menyenangkan disebabkan: a) siswa dapat berdiskusi dan berinteraksi dengan
siswa lain secara intensif, b) siswa
dapat menuangkan peta pikiran materi dengan tulisan yang menarik dan indah, c)
siswa berlatih menjelaskan hasil pemahamannya, d) siswa dapat bergerak
berpindah tempat beramai-ramai, dan e) siswa juga dapat bertanya langsung
tentang materi kepada teman yang bertugas menjelaskan.
c.
Prosedur metode
Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan dalam
pembelajaran adalah:
1. Kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan materi
2. Setiap kelompok mendiskusikan satu materi
3. Hasil diskusi diresum atau di buat bagan mind mapping atau ringkasan
materi dalam kertas manila (media lain) yang telah disiapkan, petunjuk: menulis
isi materi, enak dibaca, rapi, dan menarik.
4. Materi di kertas manila ditempelkan di sudut dinding yang berbeda
5. Tiap kelompok ada 1 siswa yang bertugas menjelaskan hasil diskusi.
6. Siswa yang tidak bertugas menjelaskan moving ke kelompok lain untuk
mendapatkan penjelasan materi yang lain, perpindahan kelompok ditandai dengan
bunyi peluit atau penanda lain
7. masing-masing siswa membuat peta pikiran atas semua materi yang diterima.
0 comments:
Post a Comment